mom
Ini Dia Tanda-Tanda Hamil Muda Pada Perut
January 26, 2019 Comments..0 Tags: ,

Memiliki keturunan merupakan suatu hal yang sangat diinginkan oleh setiap pasangan suami istri. Karena salah satu tujuan dari pernikahan adalah untuk mendapatkan keturunan. Akan tetapi, beberapa pasangan terkadang merasa bingung ketika mereka belum kunjung diberikan keturunan. Padahal mereka sudah melakukan prosedur yang dianjurkan oleh bidan ataupun perawat.

Pengetahuan mengenai tanda-tanda kehamilan, khususnya tanda-tanda hamil muda pada perut sangat diperlukan, karena pada beberapa kasus kehamilan di trimester pertama (tiga bulan pertama) ada yang sama sekali tidak memunculkan tanda-tanda kehamilan. Sehingga pengetahuan mengenai hal tersebut sangat diperlukan.

Kehamilan terjadi pada rahim yang terletak pada perut bagian bawah, maka tidak heran jika banyak yang bertanya-tanya “apakah sakit perut bagian bawah termasuk tanda hamil?” Memang iya, namun Anda perlu tahu karakteristiknya seperti apa, dan apa saja tanda-tanda hamil muda pada perut lainnya.

Tanda-tanda hamil muda pada perut  tidak bisa diketahui dengan hanya melihat kondisi fisik pada perut si ibu hamil, karena secara kasat mata hampir tidak ada perbedaan antara ibu hamil muda dan ibu yang sedang tidak hamil. Yang bisa dijadikan Tanda-tanda hamil muda pada perut adalah apa yang dirasakan pada perut si ibu hamil.

Tanda-tanda hamil muda pada perut yang lebih umum adalah seperti rasa kram, perut kembung, dan mual seperti dijelaskan di bawah ini. Beberapa tanda-tanda hamil muda pada perut yang perlu diperhatikan antara lain:

A. Kram pada perut

hamilmaksimal.com

Rasa sakit yang berupa kram pada perut terutama perut bagian bawah merupakan salah satu tanda-tanda hamil muda pada perut. Kram pada perut dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut:

Perubahan Hormon

Hormon yang merangsang dan berperan dalam hal ini adalah hormon progesteron. Pada keadaan seseorang yang sedang mengandung, hormon ini mengalami peningkatan yang dapat menyebabkan lambatnya proses pencernaan. Sehingga dapat menimbulkan sembelit dan menyebabkan terjadinya kram pada perut yang dirasakan si calon ibu yang sedang mengandung.

Baca Juga :  Beberapa Tanda-Tanda Hamil Kembar yang Dapat Dideteksi Sendiri

Tekanan pada otot, sendi serta pembuluh darah

Semakin berisinya perut akibat terdapat janin di dalamnya, tekanan kerap meningkat sehingga dapat memicu terjadinya kram pada perut.

Apabila calon ibu mengalami kram di waktu-waktu menstruasi tanpa adanya darah haid, atau keluar flek bahkan bercak, maka bisa jadi hal tersebut merupakan tanda-tanda hamil muda pada perut.

B. Perut menjadi kembung

segiempat.com

Perut kembung merupakan salah satu tanda-tanda hamil muda pada perut. Perut kembung terjadi karena banyaknya gas di dalam lambung dan usus. Biasanya karena kadar hormon progesteron yang meningkat sehingga saluran pencernaan bekerja lambat dan menimbulkan gas dalam lambung bertumpuk.

C. Mual bukan karena masuk angin

Mual merupakan salah satu tanda-tanda hamil muda pada perut yang sering terjadi. Belum diketahui secara pasti penyebab mual pada ibu hamil. Salah satu kemungkinan penyebab mual pada ibu hamil adalah perubahan hormon yang terus terjadi.

Mual yang biasanya dianggap sebagai gejala masuk angin ternyata juga dapat terjadi pada calon ibu yang sedang mengandung.

Tiga hal di atas merupakan beberapa tanda-tanda pada perut saat hamil muda. Pada umumnya beberapa tanda-tanda di atas dirasakan oleh setiap perempuan yang sedang hamil muda. Akan tetapi, tidak jarang juga perempuan hamil muda yang merasa biasa-biasa saja bahkan hingga usia kandungan 4 bulan baru mulai merasakan ada yang lain di perutnya. Jadi, buat para calon ibu yang sudah menikah tetapi tidak mengalami tanda-tanda di atas jangan khawatir. Segeralah memeriksakan diri dan berkonsultasi kepada ahlinya. Sehingga akan semakin yakin mengenai keadaan bunda saat ini.

Proudly powered by WordPress | Theme: Postmag by www.postmagthemes.com.